Diam Tapi Terkesan Bergerak

Jumat, 12 Oktober 20120 comments

Bentuk Asimetris
Malam ini, sebelum posting Gambar 10 Terbaik Kontes Bonsai ESGE 2012, setelah mengambil gambar tadi siang, saya sempatkan mampir di arena Kontes Bonsai ESGE 2012. Seperti saya perkirankan, disana telah berkumpul beberapa teman pebonsai Tuban, diantaranya ada Pak Wid, Mas Weni, Mas Gunawan, Mas Yono, dan beberapa dari anggota Paguyuban Penggemar Bonsai Semen Gresik (PPB SG) yang belum saya kenal namanya, yang saya kenal Mas Imam dan Pak Kris yang pada even Kontes Bonsai ESGE 2012 kali ini dipercaya sebagai ketua panitia.

Sempat juga tadi ketemu Mas Sution Penggali/Pebonsai asal Kecamatan Soko - Tuban tadi pada saat melihat lihat, ketika saya sapa dengan merangkaul perutnya, beliau kaget.... "wah gak ngerti nek njenengan" komentar mas Tion yang kelihatan agak kaget. 

Ketika saya tanya "Pripun taksih pados?" (gimana masih mencari/menggali), Kontan mas Tion menjawa "wah sak niki malah gendeng-gendengan, wonten nek 400 bakal bonsai ten griyo, mongo tho nek dolan" ( wah sekarang malah gila-gilaan, ada kalau 400 bakal bonsai di rumah, silahkan kalau mau berkunjung ke rumah), ya kapan kapan kalau sudah waktunya. "Ini,  lagi buat blog Bonsai Tuban", saya sampaikan apa yang lagi saya tekuni akhir-akhir ini. Mas Tion pun mencatat alamat blog.... Ini, dolan sama Mas Imam, saya lemparkan pada Mas Imam yang kebetulan mendekati tamunya, setelah beberapa saat yang lalu saya lihat masih duduk bersama teman yang lain,  "monggo, kulo seneng" (silahkan, saya senang) komentar Mas Imam santai....

Jika Mas Tion membaca postingan ini, dan ingin meng up load koleksinya, dengan senang hati saya persilahkan. Asal tidak semuanya :)

Sebetulnya malam ini saya hanya ingin posting Gambar 10 Terbaik Kontes Bonsai ESGE 2012, tapi teringat apa yang disampaikan Mas Weni yang tampaknya menguasai betul aspek teori bonsai, kok rasanya ingin menyampaikan apa yang didiskusikan tadi, meski terkesan santai, namun ada hal yang patut dicatat dan diinformasikan kepada pembaca Bonsai Tuban, khususnya teman-teman pendatang baru di dunia bonsai.

Bentuk Simetris
Ceritanya diawali tadi pagi ketika Mas Petruk (penggali binaan Mas Weni), yang diberi tugas menyiram bonsai peserta kontes. Ketika didatangangi Mas Weni, Mas Petruk yang lagi menyiram bonsai, diam diam imajinasinya melayang tentang bagaimana membuat bonsai yang jika dilihat tampak terkesan bergerak, "bagaimana Bonsai yang diam, tampak bergerak?" demikian Mas petruk melontarkan pertanyaan ke Mas Weni, " Opo maneh iki" komentar Mas Weni, dengan gaya khas Mas Weni menceritakan pertanyaan Penggali Muda Berbakat yang menjadi binaannya ini pada pagi tadi.

Begini, Mas Weni mencoba menerangkan, "setiap bentuk yang simetris akan terkesan diam, demikian sebaliknya, setiap bentuk yang asimetris maka akan terkesan bergerak".

Mungkin apa yang disampaikan Mas Weni dapat digambarkan oleh 2 (dua) gambar bonsai pada diatas ( keduanya termasuk 10 Terbaik dalam Kontes Bonsai ESGE 2012)


Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Bonsai Tuban - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger